Rabu, 13 Desember 2023

Rapat Koordinasi Forum Satu Data Tingkat Kabupaten Kendal Tahun 2023

Pada hari Kamis, 7 Desember 2023 Diskominfo Kabupaten Kendal menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Akhir Tahun Forum Satu Data Kabupaten Kendal Tahun 2023. Peserta Rapat Koordinasi terdiri dari Sekretaris Dinas, Sekretaris Kecamatan, pejabat yang membidangi  pengelolaan data sektoral dan tim updating data OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal beserta perwakilan dari BPS Kendal sebagai Pembina SDI tingkat daerah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Bpk Ir. Sugiono, MT membuka rapat koordinasi sekaligus memberikan arahan kepada peserta. Dalam arahannya, Sekretaris Daerah menekankan produsen data/perangkat daerah untuk selalu memperbarui dan mengunggah data sektoralnya sebagaimana termuat dalam indikator-indikator di portal data Kudasakti, serta mengunggah data-data geospasial yang dimiliki di Geoportal pemerintah Kabupaten Kendal.

Tahun 2023, skor kematangan penyelenggaraan SDI Kabupaten Kendal mengalami peningkatan dari skor 48,33 (klaster Terdefinisi) menjadi 64,50 (klaster Terpadu dan Terukur) atau meningkat signifikan sebesar 16,17 poin dan diatas rata-rata Kab/Kota se-Jawa Tengah. Peran serta dan partisipasi aktif OPD di wilayah Kabupaten Kendal diharapkan dapat mewujudkan Satu Data Kendal yang mampu membantu perencanaan dan penyusunan kebijakan pembangunan daerah menuju Kendal Handal.

Ada 2 narasumber yang dihadirkan, yaitu Madyastuti Herni Perwitosari, S.ST. (Statistisi Ahli Muda, BPS Kabupaten Kendal) dan Nursikin, S.Sos (Kabid Statistik dan Persandian) yang mewakili Kepala Diskominfo Kab. Kendal. Narasumber pertama dari BPS Kabupaten Kendal, menyampaikan materi terkait Pelaksanaan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), dijelaskan bagaimana proses penilaian EPSS dari tahap persiapan sampai dengan tahap penilaian. Narasumber ke dua dari Diskominfo Kabupaten Kendal, menyampaikan materi terkait Satu Data Kabupaten Kendal, Kaleidoskop Tahun 2023. Dalam paparannya disampaikan rangkuman kegiatan dan capaian-capaian Satu Data Indonesia Kabupaten Kendal tahun 2023. 

Harapan dari kegiatan ini adalah tercapainya sinergitas antar penyelenggara SDI tingkat Kabupaten Kendal serta meningkatnya kinerja Produsen data dalam memberikan suplai data yang akurat, updating secara berkala sesuai dengan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia dan pelaksanaan EPSS tahun 2024 dapat dipersiapkan lebih matang sehingga dapat memperoleh nilai optimal.

(Datastat)