Question And Answer

  1. Apa yang dimaksud dengan Data Terbuka?

http://opendatahandbook.org mengemukakan bahwa data terbuka adalah data yang dapat secara bebas digunakan, digunakan ulang dan didistribusi ulang oleh siapapun dengan keharusan untuk menyebutkan sumber dan berbagi dengan lisensi yang sama.

Beberapa poin dari defini Terbuka selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Ketersediaan dan Akses

Data harus tersedia secara keseluruhan dan tidak lebih dari pada biaya reproduksi yang masuk akal, akan lebih baik bila bisa dilakukan dengan pengunduhan melalui internet. Data harus pula tersedia dalam bentuk yang nyaman dan mudah untuk diolah.

  • Penggunaan dan Distribusi Ulang

Data harus disediakan di bawah ketentuan yang mengizinkan untuk penggunaan-ulang dan pendistribusian ulang termasuk memadukan dengan kumpulan data lainnya.

  • Partisipasi Universal

Setiap orang harus diperbolehkan untuk menggunakan, menggunakan-ulang dan mendistribusi ulang - tidak boleh ada diskriminasi terhadap bidang kerja atau perseorangan atau kelompok.

  • Interoperabilitas

Interoperabilitas menunjukkan ragam kemampuan sistem dan organisasi untuk saling bekerja sama (lintas-operasi). Dalam kasus ini, adalah kemampuan untuk lintas operasi - atau lintas pemaduan - dari kumpulan data-data yang berbeda.
 

  1. Apa yang dimaksud dengan Satu Data Indonesia (SDI)?

Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. Dasar hukum pelaksanaan Satu Data Indonesia (SDI) adalah Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

  1. Apa kontribusi Kabupaten Kendal dalam Satu Data Indonesia?

Pemerintah Kabupaten Kendal telah memiliki turunan Perpres 39 Tahun 2019 yaitu Peraturan Bupati Kendal Nomor 59 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Kendal Nomor 112 Tahun 2020 tentang Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten Kendal dan membentuk Tim Pemutakhiran (Updating) Data OPD Kabupaten Kendal yang secara rutin melakukan pemutakhiran data. Diseminasi data sektoral melalui sistem elektronik diantaranya dilakukan melalui aplikasi opendata, Kudasakti, Geoportal serta website masing-masing instansi yang berwenang.

  1. Apa arti KUDASAKTI?

KUDASAKTI adalah sistem informasi managemen data yang menyediakan data-data sektoral komprehensif sesuai kewenangan masing-masing instansi di lingkungan pemerintah Kabupaten Kendal dan dapat diakses dengan mudah dan gratis oleh masyarakat.

KUDASAKTI merupakan singkatan dari Kumpulan Data Statistik Terintegrasi

Makna dari logo KUDASAKTI adalah :

Kuning Keemasan

Warna kuning melambangkan rasa optimisme, berfikir cerdas, dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Warna kuning yang mudah di lihat menjadikan logo tersebut lebih memberikan kesan yang berenergi.

Merah

Warna merah melambangkan semangat, keberanian, dan berintegritas tinggi.warna merah juga menimbulkan intensitas tersendiri yang membuat menarik dari lambang tersebut.

Hitam

Warna hitam melambangkan arti elegan dan objektif. Pada dasarnya warna hitam merupakan warna tergelap yang memiliki arti sangat mendalam, warna yang memiliki kekuatan dalam mengambil tindakan. Warna hitam juga merupakan warna yang  memperlihatkan keseriusan serta kerahasiaan dalam mengolah data.

Konsep Gradasi Warna

Gradasi warna melambangkan wujud peralihan menuju perubahan, dengan harapan bisa terus dan dapat beradaptasi dengan setiap perubahan serta perkembangan zaman.

Diagram Batang

Diagram batang yang menunjukkan statistik naik atau meningkat, menggambarkan harapan agar tercipta  sebuah kemajuan serta kestabilan dalam berproses.

Anak Panah Menjulang Ke Atas

Anak panah yang membentuk huruf "S" dan menjulang ke atas melambangkan sebuah pergerakan yang signifikan, konsentrasi yang kuat, tujuan yang jelas serta keterbukaan.

Font "Sf Fourche Sc"

Font ini merupakan salah font Sans Serif yang bersifat halus, efisien, bersih, simpel, dan tanpa basa-basi. Font ini melambangkan rasa ketegasan, kepekaan, serta kejujuran.

  1. Dimana dashboard KUDASAKTI Kabupaten Kendal dapat diakses?

Dapat diakses di alamat berikut: https://kudasakti.kendalkab.go.id

  1. Fitur apa saja yang ada di dashboard KUDASAKTI Kabupaten Kendal?

Anda dapat memperoleh data sektoral yang kami himpun dari produsen data masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kendal. Jika data yang Anda cari tidak ditemukan, silakan mengajukan permohonan informasi di portal kami dengan mengklik maskot Den Mas. Permohonan Anda akan kami penuhi maksimal sepuluh hari kerja.

  1. Apakah penerapan SDI di Kabupaten Kendal ada landasan hukumnya?

Segala kegiatan yang kami lakukan berdasar pada dokumen hukum terkait. Kami telah memiliki Peraturan Bupati dan Standar Operasional Prosedur. Kalian dapat mengunduhnya di menu download

  1. Siapakah Den Mas?

Den Mas merupakan maskot portal data terbuka Kabupaten Kendal.

Filosofi Den Mas adalah sebagai berikut:

Blangkon Motif Batik Parang

Representasi nilai-nilai hidup untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak.

Ekspresi full Senyum

Representasi ekspresi full senyum melambangkan sifat menerima gagasan baru, dan berrorientasi pada pelayanan kepada masyarakat.

Baju Beskap

Beskap atau jas tutup adalah kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Mataraman sebagai pandangan hidup dalam menjalankan pelayanan publik yang sinergi, profesionalisme, dan inovatif.

Keris

Representasi Keris bermakna dapat menyesuaikan data dengan tantangan dari perkembangan kecanggihan teknologi dengan terciptanya good governance.

Kain Tenun Lurik

Kain Tenun Lurik merupakan nama kain yang berasal dari daerah Jawa (Yogyakarta), kata lurik sendiri berasal dari bahasa Jawa, lorek yang berarti garis-garis, yang merupakan lambang keharusan. Keharusan menganalisis potensi data, keharusan memperluas pelayanan, dan keharusan elaborasi (menguraikan secara rinci) data.

Celana Hitam

Representasi celana hitam melambangkan warna yang netral sebagai landasan sentral dan bertindak secara objektif.

 

  1. Siapa saja mitra Kudasakti?

Kami bermitra dengan produsen data dari seluruh OPD di Kabupaten Kendal yang seluruhnya berkontribusi secara online dalam mengirimkan data sektoral melalui portal Kudasakti.